Long Weekend Tapi Pekerjaan Menanti? Yuk, Putar Musik Kesayanganmu

Blogger (B): Gaya tulisanmu tumben beda, Lu?

Luana (L): Iya nih, pengen ganti suasana dikit. Namanya juga suasana liburan.

B: Apa hubungannya?

L:Nggak ada. Biar lebih santai aja.

Siapa sih yang nggak suka namanya long weekend? Apalagi kalender akhir pekan selama dua minggu ini nempelnya pas banget! Sabtu, Minggu dan Senin. Siapapun yang merantau biasanya mengusahakan segala cara untuk bisa pulang kampung demi berkumpul keluarga dan orang-orang tersayang. Bisa pasangan maupun sahabat. Kalau tiket pesawat dan kereta api udah nggak bisa terbeli karena waktu booking yang terlalu mepet dan kehabisan, naik bus maupun kendaraan pribadi rela dilakukan, meski harus bermacet-macetan di jalan raya.

Lalu gimana dengan mereka yang nggak bisa pulang ke kampung halaman maupun bepergian memanfaatkan libur panjang? Ya, mungkin ini dikarenakan kesibukan masing-masing yang tidak bisa ditinggalkan. Ada mahasiswa yang harus mengejar deadline tugas dan skripsi, ada karyawan yang harus masuk shift, bahkan ada pekerja media yang harus tetap mencari berita.

Galau atau nggak dengan kondisi itu, life must go on, right? Semuanya harus menyelesaikan tanggung jawab meski kalender di mejanya berwarna merah.

music-at-office_650x400_81472269254

Biar tetap semangat bekerja dan belajar saat weekend, mood perlu diatur. Setiap orang punya cara masing-masing untuk mengontrol suasana hatinya. Ada yang harus menyiapkan aneka makanan dan buku bacaan, sampai memilih tempat dan waktu khusus. Kalau saya sih simpel aja. Cukup dengan memutar lagu-lagu dengan tempo cepat atau nge-beat.

Untuk mendengarkannya, sesuaikan saja dengan perangkat yang ada. Kalau kamu cuma punya handphone di genggaman tangan, nggak masalah. Tinggal maksimalkan aja volume speaker-nya. Nggak mau mengganggu orang lain dengan volume yang terlalu keras? Gampang, tinggal pasang earphone, beres kan?

Jenis musik yang dipilih bisa disesuaikan selera masing-masing kok. Bisa pop, rock, maupun jazz. Siapapun musisinya, nggak ada masalah. Tinggal pilih aja penyanyi idola kamu karena tiap orang pasti punya selera musik yang berbeda. Kalau saya pribadi sih, musik rock yang paling cepat mendongkrak semangat. Lagu-lagu milik lady rockers Indonesia, kayak Anggun C. Sasmi, Nicky Astria dan Mel Shandy paling sering saya jadikan pilihan. Hentakan drum atau kocokan permainan gitar serta suara penyanyi yang bersemangat akan mempercepat adrenalin dan membuat mata jadi melek sehingga kita pun ketularan energi positifnya. Syukur-syukur kalau di rumah ada speaker khusus, bisa makin semangat ngerjain tugasnya.

Untuk sementara, sebaiknya hindari dulu memutar musik dengan empo lambat, seperti ballad, klasik dan pop melankolis. Jenis musik yang cenderung memiliki alunan melodi yang kalem, beresiko bikin kita jadi ikutan mellow. Belum lagi kalau lirik lagunya itu daleeeemmmm banget. Wah, bisa-bisa malah kitanya yang ikutan baper alias bawa perasaan. Alhasil, galau deh! Mood-nya kacau deh! Terus pekerjaannya jadi turut berantakan. Jangan sampailah!

Terus buat yang gabut alias nggak ada kerjaan saat liburan panjang ini, gimana dong? Tenang, tunggu tulisan saya berikutnya yaaa!

Met weekend, bloggers!

 

Kediri, 30 April 2017

Luana Yunaneva

Tulisan di atas pertama kali dipublikasikan di blog ini, selanjutnya di-posting untuk Kompasiana

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s