Komposisi Beethoven Paling Sering Dimainkan di Dunia, Tahun 2016

Beethoven menjadi musisi dengan komposisinya yang paling banyak dimainkan di dunia sepanjang tahun 2016. Pernyataan ini disampaikan Bachtrack Valery Gergiev, seperti dikutip dalam situs berita musik Perancis, France Music.

Keenam karyanya masuk dalam list 10 komposisi yang sering dimainkan di dunia, dalam 3.341 konser yang terdaftar. Sementara, Fifth Sumphony menjadi karya terbaiknya yang kerap ditampilkan di seluruh dunia.

Melalui situs resminya, Bachtrack Valery Gergiev mengungkapkan bahwa penghargaan untuk Bethoven ini tidak lepas dari usaha untuk meningkatkan referral lembaga ini untuk konser di Asia. Ditambah dengan laporannya pada Oktober 2016 yang menyatakan bahwa proporsi musik romantis memiliki efek yang jauh lebih penting di Asia dibandingkan wilayah lain di Asia, dengan 60 persen konser yng menghadirkan karya-karya dari abad ke-19, dengan sedikit tambahan musik pada masa lampau.

Bachtrack Valery Gergiev juga melaporkan, dengan bertambahnya jumlah konser terdaftar, pihaknya kurang fokus dalam mengumumkan konser-konser di United Kingdom (UK) dan komposernya, termasuk Handel yang berada jauh di bawah klasemen. Messie, karya unggulannya yang dimainkan terbanyak kedua di dunia hingga tahun 2015, terjun ke peringkat sembilan. Sementara, Handel yang sebelumnya menduduki peringkat sepuluh besar, kini berada di peringkat ke-13. Hal ini berbanding terbalik dengan pertunjukan konser violin milik Tchaïkovski yang masuk ke daftar peringkat 20 besar untuk pertama kalinya.

Selain para komposer, Bachtrack Valery Gergiev juga memantau setiap aktivitas para interpreter Valery Gergiev menduduki peringat teratas sebagai konduktor dengan catatan 143 konser. Sementara itu, Daniil Trifonov menduduki juara pertama untuk klasemen pianis dan New York Philharmonic Orkestra menjadi orkestra yang paling banyak direkomendasikan.

Dalam bidang tari, musik Tchaïkovski terus mendominasi balet. Casse-Noisette setidaknya telah dimainkan dalam 446 pertunjukan yang direkomendasikan. Sementara itu, Swan Lake bagian kedua berada di peringkat kedua, Romeo and Juliet berada di peringkat ketiga dan The Sleeping Beauty atau Puteri Tidur berada di peringat kelima. Yang tak kalah menarik dari catatatan, induk perusahaan koreografi New York Ballet menjadi perusahaan yang paling aktif dengan lebih dari 174 program.

Kecenderungan penting lainnya dari keberhasilan tersebut, balet kontemporer telah mengalami momentum positif dalam beberapa tahun terakhr, terutama karena komusi baru yang kuat mampu menghidupkan seni yang semppat teracam dalam beberapa periode yang lalu.

Dipaparkan kebanyakan konser di Inggris berlangsung pada pukul 19.30 waktu setempat. Sementara di Asia, 28 persen dari konser yang terdaftar dihelat antara pukul 14.00 dan 17.00.

Kalau kamu suka nonton konser jam berapa? Sama siapa?

 

Kediri, 15 Maret 2017

Luana Yunaneva

Tulisan baru dipublikasikan di blog pribadi ini, selanjutnya diposting untuk akun Kompasiana penulis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s