Jangan Asal Beri Smartphone untuk Anak!

Melihat anak-anak zaman sekarang, terkadang membuat saya miris. Gimana nggak? Hampir setiap anak generasi terkini bisa mengoperasikan handphone (HP), entah itu milik orang tua, kakak, atau miliknya pribadi. Bahkan anak bawah lima tahun (balita) pun terkadang dijejali gadget orang tuanya supaya nggak berisik saat ada pertemuan, misalnya. Padahal hal itu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan anak kecanduan dan cenderung tidak menghargai lawan bicaranya, termasuk orang tua. Makanya, saya agak riskan dan (pengennya) nanti kalau saya punya anak kelak tidak akan memberikannya ponsel sebelum cukup umur. Meski entah gimana praktiknya nanti.
Baru-baru ini saya menemukan sebuah smartphone yang menurut saya berbeda dari yang lain, namanya Acer Liquid Z320. Apa menariknya? Smartphone ini memiliki fitur Kids Center yang dirancang khusus untuk anak-anak. Fitur ini menyimpan banyak sekali konten baru khusus anak-anak setiap hari, baik yang gratis maupun berbayar, baik video Youtube atau game. Wah,menarik kan?

selektif-memilih-perangkat-600x318 (1).png

 

Fitur ini juga membantu para orang tua untuk mengatur web mana saja yang bisa dibuka anak. Jadi anak-anak nggak sampai membuka situs-situs yang nggak jelas. Tapi takut juga kalau anak kecanduan mengakses situs tertentu, misal game? Tenang saja, Mom and Dad, fitur ini juga dilengkapi pembatasan durasi antara satu hingga dua jam saja, atau pada saat akhir pekan. Jadi si anak nggak bisa berlama-lama online.

Dunia anak menyimpan jutaan kreativitas. Nggak mau kan ide-ide mereka terpendam saja di dalam otak? Nah, Kids Center di Liquid Z320 juga menyediakan aplikasi untuk menggambar, mewarnai dan kamera khusus anak yang dilengkapi berbagai pilihan latar belakang dan stiker. Buah hati pun bisa mengekspresikan keceriaan mereka.

4_aman-untuk-anak-600x318

 

Meskipun saya masih single dan belum punya anak, bagi saya, memperhatikan perkembangan anak sangat penting. Nantinya saya nggak mau kalau anak hanya pintar secara akademik tetapi juga membawa diri. Tidak menyibukkan diri dengan ponsel adalah salah satu caranya. Menurut saya, Acer Liquid Z320 sangat cocok untuk kakak tercinta yang bayinya sudah berumur sekitar dua tahun. Bisa untuk momong si kecil, saat sang kakak sedang sibuk bekerja.  Tapi alangkah baiknya jika orang tua juga ikut mendampingi ketika buah hati berselancar di dunia maya sehingga bisa memberikan pengarahan, khususnya untuk hal-hal yang tidak ia pahami.

2-batasi-konten-600x318

Berhubung kakak saya suka wisata kuliner, Acer Liquid Z320 yang dilengkapi prosesor quad-core berkecepatan 1.1GHz itu memiliki fitur Gourmet Mode yang biasanya cuma ada di ponsel kelas atas. Apa gunanya? Penting donk untuk mengabadikan makanan saat lagi nongkrong di kafe atau restoran kekinian, hehehe. Tinggal sekali klik logo Gourmet Mode, kamera depan beresolusi 5 MP ini akan langsung menganalisa fokus dan menyesuaikan temperatur warna makanan. Wow, foto makanan pun kelihatan lebih lezat daripada aslinya *nomnomnom*. Lalu lanjut dech di-posting ke social media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Path, dan sebagainya.

5_gourmet-mode.jpg

Dan ini lho yang saya suka. Modelnya elegan dan kokoh berkat desain hairline brush. Desain rangka belakang dirancang melengkung sehingga gadget akan merasa nyaman saat menggenggam smartphone ini dengan satu tangan.Tampilan ponsel memang bukan hal utama yang dicari pengguna. Tetapi kehadiran Acer Liquid Z320 dengan tambahan lapisan garis berwarna abu-abu di bagian sisi bodi juga menambah kesanistimewa.

6_elegan-dan-nyaman-600x318.jpg

Acer Liquid Z320 juga memiliki penempatan tombol serta port yang cukup ideal. Baik tombol volume dan power terletak di samping sisi kanan dari ponsel ini, sehingga mudah untuk dijangkau. Sementara port USB dan port audio 3,5mm berada di sisi atas. Ponsel ini bisa digunakan untuk dual SIM. Praktis kan? Semuanya ini bisa didapatkan dengan harga cuma Rp999 ribu di counter terdekat. Sangat terjangkau kan, bila dilihat dari performance yang diberikan?

Spesifikasi Acer Liquid Z320

Layar 4.5 inch, FWVGA (854 x 480)

IPS wide view angle

Kamera Utama 5 MP auto focus with LED flash light
Kamera Depan 5 MP fixed focus
Prosesor Quad core 1.1GHz, Qualcomm MSM 8209
Internal Storage 8GB
Memori 1GB
Jaringan
  • 3G:
  • HSPA/WCDMA: 850MHz / 900MHz / 1900MHz / 2100MHz
  • GSM/GPRS/EDGE: 850/900/1800/1900MHz
  • 3G up to 42Mbps
Konektivitas
  • WiFi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth 4.0 EDR
  • GPS/AGPS
  • Micro SD slot, Micro USB, 3.5mm audio jack
Sensor Light sensor, G sensor, Proximity sensor
SIM Dual SIM Card
Sistem Operasi Android 5.1
User Interface Acer Liquid UI
Hiburan Youtube
Produktivitas
  • abFiles
  • Acer SnapNote
Utility Acer Aid Kit, Quick Mode
Fitur Spesial
  • Acer BluelightShield™
  • DTS Studio Sound™
  • Kids Center
  • Gourmet Mode
Baterai 2000 mAh, replaceable battery

Talk time: up to 11 hours *

Standby time: up to 480 hours*

Dimensi 136 x 66.5 x 9.6 mm
Bobot 142 g with battery

 

banner.png

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Feridi says:

    Jadilah Orang Tua Cerdas Dengan Acer Liquid Z320, Anak Senang, Orang Tua Tenang . kunjungi juga ya

    http://feridi.blog.upi.edu/2016/01/02/jadilah-orang-tua-cerdas-dengan-acer-liquid-z320-anak-senang-orang-tua-tenang/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s